Sumber Asli, atau kelanjutan artikel ini, silakan klik langsung pada judul di bawah ini:

Bahaya Hipertensi pada Kehamilan

1
Image of Bahaya Hipertensi pada Kehamilan


Hipertensi atau tinggi nya tekanan darah yang terjadi pada masa kehamilan bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Hipertensi biasanya terjadi pada kehamilan pertama, kehamilan dibawah usia 20 tahun dan diatas 40 tahun, pada wanita yang menderita obesitas, serta janin kembar. Dampak paling berbahaya yang ditimbulkan oleh hipertensi yaitu preeclampsia, yang bisa mengancam keselamatan ibu dan bayi.



Pada beberapa kasus hipertensi dokter kandungan biasanya menganjurkan pasiennya untuk melakukan bed rest. Sementara bagi wanita hamil itu sendiri bisa mengurangi tekanan darahnya dengan cara melakukan diet sehat, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah mereka, diantaranya:



Coklat
Siapa yang tak suka coklat, sudah sejak dahulu kala, coklat menjadi makanan favorit hampir semua orang diseluruh dunia, terutama wanita. Selain rasanya yang nikmat, jika dikonsumsi dalam porsi kecil, coklat dapat berguna sebagai magnesium yang bisa melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Jika anda takut lemak coklat membuat anda gemuk, anda bisa mencari alternatif makanan lain yang juga mengandung magnesium diantaranya: Bayam, almon, alpukat, ikan, gandum, ketan hitam, artichoke(sejenis sayuran),dan biji buah labu.

Pisang
Pisang merupakan sumber zat potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan cairan dalam tubuh. selain pada buah pisang potasium juga bisa ditemui pada kismis, bayam, yogurt, bit, Brussels sprout(sejenis kubis), alpukat, dan jeruk.



Ikan
Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dapat membantu melancarkan aliran darah dan melindungi dari efek tekanan darah tinggi serta mengurangi peradangan. Saat mengkonsumsi ikan hindari jenis ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti tuna,swordfish(ikan cucut), makarel, ikan halibut, serta kakap putih. Sebaliknya pilihlah ikan yang mengandung kadar mercuri rendah seperti ikan anchovies, ikan char, ikan flounder, ikan harring, ikan gindara, ikan salmon, dan ikan sturgeon.



Buah Jeruk
Vitamin C sangat bermanfaat untuk melegakan arteri yang menyempit, serta membantu menurunkan tekanan darah. Sumber vitamin C terdapat pada buah jeruk, anggur, kiwi, dan strawberry. Vitamin C juga banyak ditemui pada sayuran seperti kembang kol, paprika, dan kentang.



Makanan rendah sodium
Sodium membuat tubuh menahan cairan yang masuk, dan membuat jantung anda harus bekerja ektra kuat untuk memompa cairan lebih banyak, yang berakibat pada hipertensi. Oleh sebab itu disarankan untuk menurunkan kadar sodium anda agar berada pada batas normal, yaitu 2300 mg. Caranya yaitu dengan terlebih dahulu mengecek label kandugan sodium yang tertera pada kemasan makanan yang akan anda konsumsi, serta pilihlah rempah-rempah atau herba sebagai penguat rasa masakan anda dirumah.



(di adaptasi dari: http://modernmom.com)

Posted by melanie 1248 days ago in masa kehamilan  |  kafebalita.com
 

Who Voted

melanie  

Leave a comment