Sumber Asli, atau kelanjutan artikel ini, silakan klik langsung pada judul di bawah ini:

Test Kehamilan Positif Belum Tentu Hamil

2

Setelah melewati beberapa penelitian, ternyata alat tes kehamilan dapat menghasilkan hasil yang salah dalam mendeteksi tanda kehamilan.





Prinsip kerja Alat Tes Kehamilan



Alat tes kehamilan berfungsi untuk mendeteksi hormon HCG - Human Chorionic Gonadotropin dalam urin. Ketika alat tes kehamilan ini mendeteksi hormon HCG yang cukup, maka alat tes kehamilan akan memunculkan hasil positif. Sebaliknya bila alat tes kehamilan tidak mendeteksi hormon HCG yang cukup maka muncullah hasil negatif yang biasanya di artikan sebagai tidak hamil.



Waktu yang tepat untuk menggunakan alat tes kehamilan



Karena alat tes kehamilan bekerja dengan memeriksa kadar HCG dalam urin maka waktu yang terbaik untuk melakukan tes uji kehamilan adalah pada saat pagi hari dimana kadar hormorn HCG menumpuk.



Alat tes kehamilan positif tapi tidak hamil?



Adalah mungkin bahwa alat tes kehamilan memunculkan hasil positif walaupun ibu tidak hamil. Tahukah ibu bahwa pria yang terkena tumor pada buah zakarnya juga menghasilkan HCG dan dapat memunculkan hasil positif pada alat tes kehamilan. Beberapa kondisi terjadi hasil positif pada alat tes kehamilan walau tidak terjadi kehamilan adalah sebagai berikut :



Hamil Kimia



Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka haid. Padahal angkanya cukup tinggi. Saat di test positif sebelum terlambat haid, ternyata saat tiba jadwal haid keluar seperti biasa jumlahnya dan kehamilan juga keluar bersama haid.



Waktu pemeriksaan kehamilan



Test kehamilan dilakukan diluar standar yang ditentukan oleh pembuat test, misalnya terlalu lama. Yang akan membuat hasil alat tes kehamilan menjadi positif.



Pengaruh obat dan bahan kimia bagi kehamilan



Obat-obat tertentu dapat membuat alat test kehamilan ini memunculkan hasil positif. Diantaranya adalah penggunaan HCG untuk terapi kesuburan dan diet, obat diuretik dan obat anti parkinson jg bisa memunculkan hasil positif pada alat tes kehamilan. Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin juga bisa membuat alat test kehamilan memunculkan hasil positf. Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil test kehamilan.



Tumor dalam Tubuh



Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan HCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan HCG dll.

Posted by Reno 1976 days ago in pra-hamil  |  blogspot.com
 

Who Voted

Reno  

Leave a comment